LED Infra Merah

LED Infra Merah merupakan salah satu jenis LED (Light Emiting Diode) yang dapat memancarkancahaya infra merah yang tidak kasat mata.  Cahaya infra merah merupakan gelombang cayaha yang berapa pada spectrum cahaya tak kasat mata. LED infra merah dpat memacarkan cahaya infra merahpada saat diode LED ini diberikan tegangan bias maju pada anoda dan katodanya. LED infra merah ini dapat memancarkan gelombang cahaya infra merah karena dibuat dengan bahan khusus untuk memendarkan cahaya infra merah. Bahan pembuatan LED infra merah tersebut adalah bahan Galium Arsenida (GaAs). Secara teoritis LED infra merah mempuyai panjang gelombang 7800 Å dan mempuyai daerah frekuensi 3.104 sampai 4.10 Hz. Dilihat dari jangkah frekuensi yang begitu lebar, infra merah sangat fleksibel dalam pengunaanya. LED ini akan menyerap arus yang lebih besar dari pada dioda biasa. Semakin besar arus yang mengalir maka semakin besar daya pancarnya dan semakin jauh jarak sapuannya.

Bentuk LED Infra Merah

LED Infra Merah,Cahaya infra merah,Bentuk LED Infra Merah,Aplikasi dari LED infra merah,pembuatan LED infra merah,Aplikasi cahaya infra merah,definisi LED Infra Merah,teori LED Infra Merah,artikel LED Infra Merah,dasar teori LED Infra Merah,prinsip kerja LED Infra Merah,harga LED Infra Merah,jual LED Infra Merah,harga beli LED Infra Merah,cara menggunakan LED Infra Merah,mengoperasikan LED Infra Merah,tegangan kerja LED Infra Merah,arus bias LED Infra Merah,pancaran cahaya LED Infra Merah,kemampuan LED Infra Merah,kelebihan LED Infra Merah,manfaat LED Infra Merah,fisik LED Infra Merah,simbol LED Infra Merah,modul LED Infra Merah
Cahaya infra-merah tidak mudah terkontaminasi atau teresonan dengan cahaya lain, sehingga dapat digunakan baik siang maupun malam. Aplikasi dari LED infra merah ini dapat digunakan sebagai transmitter remote control maupun sebagai line detektor pada pintu gerbang maupun sebagai sensorpada robot. Aplikasi cahaya infra merah sendiri dapat digunakan sebagai link pada jaringan telekomunikasi atau dapat juga dipancarkan pada fiber optic. Sebagai receiver cahaya infra merah dapat digunakan foto dioda, fot transistor maupun modul receiver infra merah.

Referensi :
http://elektronika-dasar.web.id

0 komentar:

Posting Komentar